Menu

Mode Gelap

Bola & Sports · 29 Jun 2022 11:05 WIB ·

Kuliah 30 Menit Ronaldinho untuk Sepak Bola Indonesia


Kuliah 30 Menit Ronaldinho untuk Sepak Bola Indonesia Perbesar

kompasko.com – Kehadiran Ronaldinho ke Indonesia tidak hanya dihias dengan aktivitas beberapa foto. Ronaldinho dipercayai sudah memberi “kuliah” 30 menit bernilai untuk sepak bola Indonesia.

Ronaldinho Gaucho tiba ke Indonesia penuhi undangan RANS Nusantara FC untuk menyemarakkan pertandingan trofeo segitiga bersama Arema FC dan Persik Kediri.

Kompetisi segitiga bertema Trofeo Ronaldinho itu dipentaskan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (26/6/2022).

Ronaldinho, legenda Barcelona dan tim nasional Brasil peraup Ballon d’Or 2005, tampil bela RANS Nusantara FC.

Pria namanya asli Ronaldo de Assis Moreira itu mentas bersama RANS Nusantara FC sepanjang kurang lebih 32 menit dalam tanding pertama trofeo menantang Persik Kediri.

Tanding RANS Nusantara FC versus Persik Kediri yang hanya memiliki durasi 30 menit plus injury time berbuntut 0-0. Persik ada sebagai juara selesai unggul 4-2 dalam beradu penalti.

Trofeo Ronaldinho yang dituruti RANS Nusantara FC, Persik Kediri, dan Arema FC, menggunakan pola tanding satu set memiliki durasi 30 menit.

Seandainya partai berbuntut seri di saat normal, karena itu juara ditetapkan lewat beradu penalti.

RANS Nusantara FC yang dibela Ronaldinho pada akhirannya harus ikhlas menyaksikan Persik Kediri jadi juara trofeo ini. Persik Kediri juara selesai 2x menang beradu penalti atas RANS FC dan Arema FC.

Walau kedatangan Ronaldinho tidak datangkan juara untuk RANS Nusantara FC di gelaran pramusim ini, performa secara singkat sepanjang kurang lebih 30 menit cukup memikat pencinta sepak bola Indonesia.

Harus tahu, Ronaldinho cuma mentas bela RANS dalam tanding pertama trofeo melawan Persik.

Pria asli Porto Alegre, Brasil, itu tidak mengambil sisi dalam pertandingan ke-2 RANS Nusantara FC menantang Arema FC.

“Ia ngomong ‘Saya takut, saya sudah lama tidak main’,” kata bos RANS, Raffi Ahmad, ke Indosiar, menerangkan argumen Ronaldinho cuma mentas sepanjang 30 menit dan mangkir pada pertandingan ke-2 menantang Arema.

Raffi menerangkan, awalannya, Ronaldinho memang dipersiapkan tampil sepanjang sekitaran 1/2 jam, masing-masing 10-15 menit saat RANS bertemu Persik dan Arema.

Tetapi, bekas bintang Barcelona dan AC Milan itu telah terlanjur terpasang sepanjang 30 menit pada awal, sehingga tidak merumput menantang Arema FC.

Bekas pesepak bola dunia asal Brazil Ronaldinho (tengah) dicegat pesepak bola Persik Kediri Rohit Chand (ke-2 kanan) saat laga Trofeo Ronaldinho di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (26/6/2022). Ronaldinho perkuat team RANS Nusantara FC dalam trofeo yang dituruti Arema FC dan Persik Kediri dalam serangkaian kunjungannya di Malang.

Walaupun demikian, 30 menit di atas lapangan dipandang cukup untuk Ronaldinho memberi “kuliah” buat sepak bola Indonesia.

Pilar Persik Kediri, Arthur Irawan, tidak sangsi menyebutkan tanding menantang Ronaldinho sebagai pengalaman bernilai.

“Tentu rasanya hebat ya, tidak pernah terpikirkan dapat main satu lapangan dengannya,” kata Arthur Irawan, dikutip dari video upload account YouTube Indosiar.

“Kwalitasnya tidak pernah lenyap, sentuhannya, atau passing-nya,” tutur Arthur kembali.

Sejauh merumput di Stadion Kanjuruhan, Ronaldinho tidak lagi ekspos “pedalada (tahap over)” atau tehnik dribel “elastico” yang menjadi ciri-ciri uniknya.

Tindakan solo run seperti saat dianya menerobos Sergio Ramos dan pengamanan beberapa pemain Real Madrid seorang diri di Santiago Bernabeu pada 2005 lalu, tidak kelihatan.

Namun, ujar-ujar yang menyebutkan “kelas itu tetap” terlihat benar-benar ada.

Saat bela RANS Nusantara FC, Ronaldinho ekspos kematangan dan ketenangan dalam menyalurkan bola.

Di menit keduabelas, umpan ciri khas tanpa menyaksikan ala-ala Ronaldinho menyayat sela pertahanan Persik, sehinggal loloskan Jujun Junaedi.

Ronaldinho lalu menunjukkan kepiawaian mengecoh di menit ke-28. Satu tekukannya sempat membuat Rohit Chand salah cara.

Ronaldinho lalu akhiri laganya dengan umpan manis ke Jujun Junaedi yang menyerang dari sayap kanan.

Sambil ekspos senyuman uniknya, Ronaldinho memberikan instruksi ke si rekanan segrup baru untuk bergerak menyerang ke dalam.

“Kemungkinan visinya ya, ketenangannya dengan bola. Ada bola lambung ia kontrolnya dengan benar-benar tenang,” kata Arthur Irawan masalah pengetahuan yang dapat diambil dari tindakan Ronaldinho di Kanjuruhan.

“Kemungkinan itu menjadi pelajaran buat beberapa pemain kita agar semakin tenang saat main, dengan sentuhan ia yang paling prima menurut saya,” kata Arthur Irawan kembali.

Sejauh keterkaitan dalam gelaran trofeo bersama RANS Nusantara FC, Ronaldinho benar-benar direpotkan dengan keinginan photo.

Tetapi, melihat dari pembicaraan Arthur Irawan barusan, memory yang ditinggal Ronaldinho di Indonesia terang bukan sekedar gambar.

 

Data diri kamu akan dipakai untuk klarifikasi account saat kamu memerlukan kontribusi atau saat diketemukan kegiatan tidak biasa pada akunmu.

Selekasnya melengkapi data diri kamu untuk ikut-ikutan program #JernihBerkomentar.

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Nonprofit Seeks to Bring Attention to Preventing Sports Injuries

9 Juni 2021 - 09:56 WIB

Super Bowl Teams’ Shared Secret to Success

9 Juni 2021 - 09:53 WIB

Community Workshops Focus on Preventing Youth Sports Injuries

9 Juni 2021 - 09:50 WIB

New Tips Program Focuses on Preventing Youth Sports Injuries

31 Maret 2020 - 03:15 WIB

Sports, Shoes and Your Child

30 Maret 2020 - 13:50 WIB

Calcium Beyond the Milk Mustache

9 Maret 2020 - 11:40 WIB

Trending di Bola & Sports