Menu

Mode Gelap

Bisnis · 3 Jul 2022 13:18 WIB ·

Respons Jokowi soal ‘Zelensky Titip Pesan ke Putin Baca artikel detiknews, “Ukraina Respons Jokowi soal ‘Zelensky Titip Pesan ke Putin


Respons Jokowi soal ‘Zelensky Titip Pesan ke Putin  Baca artikel detiknews, “Ukraina Respons Jokowi soal ‘Zelensky Titip Pesan ke Putin Perbesar

Kantor Presiden Ukraina menentang jika Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky memercayakan pesan ke Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Jubir Kantor Presiden Ukraina, Serhii Nikiforov, menjelaskan jika si presiden ingin sampaikan suatu hal ke Putin, karena itu hal tersebut akan dilaksanakan secara terbuka.

“Indonesia adalah pengimpor gandum paling besar dari Ukraina, dan blokade pada dermaga Ukraina jadi konsentrasi khusus perbincangan antara ke-2 presiden (Indonesia dan Ukraina, red) di Kyiv,” kata Nikiforov ke kantor informasi Pravda, seperti dikutip detikcom pada Minggu (3/7/2022).

Ia meneruskan, Rusia seutuhnya bertanggungjawab atas masalah export (gandum Ukraina, red) ke Indonesia dan negara yang lain di dunia.

“Rusia bertanggung-jawab penuh atas masalahg export (gandum Ukraina – red) ke Indonesia, dan ke sisi lain dunia. Dan Rusia harus juga bertanggungjawab atas kritis pangan yang dapat terjadi terkecuali blokade dermaga Ukraina selekasnya ditarik,” papar Nikiforov.

“Perihal ini pula yang Volodymyr Zelenskyy bahas dengan detil dengan Joko Widodo (Presiden Indonesia, red),” tambah ia.

“Adapun berkaitan pesan, bila Presiden Ukraina ingin bicara ke seorang, ia akan melakukan secara terbuka, dalam pidato sehari-hari,” lanjut Nikiforov.

detikcom sudah coba minta verifikasi hal pengakuan Ukraina ini ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan ke Koordinator Staff Khusus Presiden melalui pesan singkat, tetapi sampai sekarang ini ke-2 nya belum memberi komentar.

Sudah diketahui, Zelensky awalnya berjumpa dengan Jokowi di akhir bulan kemarin di Kyiv, Ukraina. Selesai tatap muka, Jokowi akui tawarkan diri menjadi pembawa pesan Zelensky ke Putin.

“Dalam hubungan ini, saya tawarkan diri untuk bawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang hendak saya datangi selekasnya,” tutur Presiden Jokowi saat sampaikan pengakuan jurnalis bersama Presiden Zelensky setelah tatap muka seperti pada info dari Agen Jurnalis, Media dan Info Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Selesai berjumpa dengan Zelensky, Jokowi menjumpai Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow. Selesai tatap muka, Jokowi akui sudah sampaikan pesan Zelensky ke Putin.

“Saya sudah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya berikan persiapan saya menjadi jembatan komunikasi di antara ke-2 pimpinan itu,” kata Jokowi saat sampaikan info jurnalis bersama selesai berjumpa Putin dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

POCO F4 Series meluncur di Indonesia, Mendobrak pasar flagship dengan OIS dan L1+R1

3 Juli 2022 - 13:27 WIB

Hands-on ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300): Harga Netbook-Tablet Rp 9 Juta

3 Juli 2022 - 13:09 WIB

Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

3 Juli 2022 - 12:48 WIB

Babyproofing Made Easy At Home and On the Go

9 Juni 2021 - 20:07 WIB

World’s Most Expensive Sneakers Will Order Your Pizza

9 Juni 2021 - 20:05 WIB

Keep Remote Work on Point with Productivity App

9 Juni 2021 - 18:14 WIB

Trending di Bisnis

Sorry. No data so far.